21 Nov 2014

PEMGENALAN CSS

CSS (Cascading style sheet) berfungsi untuk mempercantik tampilan dari dukumen HTML yang kita buat atau menentukan bagaimana elemen HTML ditampilkan, seperti menentukan posisi, mengubah warna, background dan lain sebagainya.
Perhatikan contoh code CSS berikut ini :



SELECTOR
CSS adalah kependekan dari Cascading Style Sheet, berfungsi untuk mempercantik penampilan HTML atau menentukan bagaimana elemen HTML ditampilkan, seperti menentukan posisi, merubah warna teks atau background dan lain sebagainya.
Perhatikan contoh kode CSS berikut :






Dan jika tag yang diberi style memiliki Class, maka penulisan selector bisa dilakukan dengan tanda titik (.) diikuti dengan nama class.






GROUPING SELECTOR
ketika anda memiliki dua atau lebih tag dengan warna dan text-align yang sama, dari pada menuliskan kode seperti ini :













anda dapat menggabungkan selector dengan menambahkan tanda koma pada nama tag yang ingin diberi style.


.

PROPERTY DAN VALUE
Property adalah sifat-sifat yang ingin diterapkan pada selector, seperti warna text, warna background, jarak antar elemen, garis pinggir dan lain sebagainya.
Untuk memberikan nilai/value pada property kita gunakan tanda titik dua ( : ). Setiap property diakhiri dengan titik koma (;), jika anda tidak mengakhirinya maka browser tidak akan mengetahui maksud dari property tersebut.
Property-property pada CSS sangat mudah dimengerti karena lebih mirip bahasa kita sehari-hari. Misalnya untuk merubah warna text kita gunakan property color, untuk merubah warna background kita gunakan property background-color, untuk merubah ukuran huruf kita gunakan property font-size. Mudah dimengerti bukan?

Pada tutorial selanjutnya kita akan membahas mengenai Penulisan CSS .

Created by Arif Yuni Firmansah – Project-X

0 komentar:

Post a Comment

Newer Post Older Post Home

Visitors

Popular

 

Project X

Warung

STMIK YMI TEGAL

Followers

 

Templates by Nano Yulianto | CSS3 by David Walsh | Powered by {N}Code & Blogger